Kamis, 03 Maret 2016

Jangan Pernah Remehkan Kebaikan Kecil (6) Sebab Ada Amalan kecil Yang Berpahala Besar



Jangan pernah remehkan kebaikan kecil - Allah memiliki sifat sebagai zat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Dan kadar kasih sayang Allah ini begitu besar. Di dalam hadis Muslim digambarkan bagaimana kasih sayang Allah ini.

Rasulullah saw. menjelaskan bahwa kasih sayang yang kita miliki berasal dari satu bagian dari seratus bagian yang dimiliki-Nya.

Jika melihat kasih sayang makhluk yang luar biasa, seperti kasih sayang induk hewan, atau juga jika kita melihat besarnya kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Yang rela tidak tidur lelap demi ketenangan tidur bayinya. Yang bahkan rela bertaruh nyawa ketika melahirkan sang buah hati. Begitu besar kasih sayang itu. Bahwa ternyata itu semua baru satu persen dari bagian rahmat Allah. Maka bisa dibayangkan bagaimana kedasyatan kasih sayang Allah. Karena itu tidak heran jika Allah kemudian dengan mudahnya menyediakan ampunan atas dosa besar hamba-Nya. Allah juga menyediakan rahmat dengan memberi makan seluruh makhluk di dunia. Bahkan bagi orang yang banyak dosa, menentang dan kufur kepada-Nya, tetap diberikan kepadanya rejeki.

Allah berfirman di dalam sebuah hadis qudsi, “sesungguhnya rahmat-Ku mendahului murka-Ku” (HR. Bukhari Muslim)

Maka dengan melihat penjelasan di atas, tidak heran juga jika atas kasih sayangnya Allah memberi pahala berlimpah pada amalan-amalan kebaikan kecil tertentu. Padahal amalan kebaikan itu tidak menyita waktu dan tenaga untuk melaksanakannya. Terkesan remeh. Tapi kasih sayang Allah mendahului segalanya, meledakkan pahala amal kebaikannya. Seperti balasan seribu kebaikan bagi pembaca seratus tasbih. Anugerah surga bagi penyingkir duri di jalan. Dan berbagai amal kecil lain yang juga dibahas di blog ini.

Maka jangan pernah remehkan kebaikan kecil 

(gambar: pixabay.com)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar