Kamis, 03 Maret 2016

Amalan Kecil Berpahala Besar : Mengajak Kebaikan



Amalan Kecil Berpahala Besar -Jika kita mendengar kalimat mengajak pada kebaikan seolah-olah hal itu adalah tugas besar seorang dai semata. Tugas besar karena butuh waktu, kesungguhan, kecerdasan strategi dan lain sebagainya. Padahal tidaklah demikian. Mengajak pada kebaikan bisa dilakukan oleh siapa saja sesuai dengan kedudukan dan kapasitasnya. Seorang bapak yang mengajak kebaikan pada anak istrinya. Seorang
ibu pada anak bahkan suaminya. Seorang teman pada temannya yang lain.

Jadi tidaklah benar jika mengajak kebaikan selalu disebut sebagai amal berat. Sebab hal itu bisa menjadi amal ringan di saat-saat tertentu. Seorang istri yang mengingatkan suaminya ketika akan berangkat kerja, wanti-wanti untuk mencari rejeki yang halal. Ringan. Hanya butuh waktu satu atau dua menit bagi sang istri untuk bicara. Seorang karyawan di kantor yang mengajak temannya untuk  melaksanakan shalat. Juga ringan.

Hadis Amalan Kecil Berpahala Besar


Padahal dengan mengajak kebaikan ini balasan yang diterima berpahala besar. Tidak bisa untuk dianggap remeh. Mari kita simak hadis berikut ini.

Rasulullah saw bersabda, “ siapa yang mengajak pada suatu amal kebaikan, maka dia akan mendapatkan bagian pahalanya,” (HR. Muslim)


Kemudian dalam hadis yang lain tentang amalan kecil berpahala besar yang diriwayatkan oleh imam muslim disebutkan tentang amal yang tidak terputus pahalanya.

Simaklah sabda Nabi saw ini, “jika ada orang yang meninggal dunia, maka terputuslah baginya atas amal-amalnya, kecuali tiga hal: sedekah jariyah, segala ilmu yang berguna, dan doa dari anak yang soleh” (HR. Muslim)

Ajakan kebaikan merupakan pemberian ilmu yang bermanfaat, meskipun orang yang diajak sudah tahu ilmu itu. Dan selama bermanfaat, selama ajakan itu terngiang di telinga, menggerakkan orang tersebut untuk berbuat sampai di hari-hari mendatang, akan mengalirlah pahalanya bagi pemberi nasehat tadi. Bahkan jika pemberi nasihat telah meninggal, tidak akan berhenti kebaikannya. Karenanya, meskipun sedikit ajaklah orang pada kebaikan. Bukankah Nabi saw telah memerintahkan dengan hadis yang sangat terkenal?

Beliau bersabda: “sampaikan dariku meskipun hanya satu ayat saja” (HR. Bukhari)

Itulah amalan kecil berpahala besar berupa mengajak kebaikan. Semoga bermanfaat

(gambar: commons.wikimedia.org)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar