Kamis, 03 Maret 2016

Amalan Ringan Bisa Masuk Surga : Menyingkirkan Penghalang Di Jalan



Amalan ringan yang bisa masuk surga - Rasulullah saw pernah menceritakan sebuah kisah, yang bisa jadi membuat kita iri. Bagaimana seseorang yang melakukan amalan ringan dan terkesan kecil, namun diberi balasan besar berupa masuk surga. Siapa yang tidak mau mendapat anugerah masuk surga ini? Kitapun ingin. Maka baiknya kita simak hadis shahih yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah berikut ini.

Rasulullah saw bersabda, “seseorang lewat di jalan yang terdapat pohon yang melintang di jalan itu. Maka dia berkata, “sungguh aku akan menyingkirkannya agar tidak menghalangi jalan kaum muslimin.” Maka orang inipun dimasukkan ke dalam surga”..( HR Muslim)


Dalam konteks jaman sekarang, untuk meraih amalan ringan masuk surga menyingkirkan penghalang di jalan tentu memiliki makna yang luas. Bisa jadi berupa menyingkirkan batu yang membahayakan yang ada di tengah jalan, atau mengambil ranting yang jatuh di atas aspal, atau terkadang sampah yang terjatuh (atau sengaja dijatuhkan). Atau juga menutup lubang di jalan beraspal, dan tidak membuang bangkai tikus di jalan. Atau juga tidak membuat polisi tidur yang terlalu tinggi sehingga membahayakan keselamatan pengendara yang lewat.

Tentang bagian yang terakhir, membuat polisi tidur,. Jika terpaksa membuat, demi kemaslahatan penduduk sekitar jalan, agar tidak terjadi kebut-kebutan yang membahayakan warga kampung, maka tidak mengapa membuatnya asalkan hendaknya tidak boleh membuatnya terlalu tinggi. Jika terlalu tinggi akan membuat bagaian bawah kendaraan yang lewat terbentur. Akan menimbulkan kemudharatan bagi pengguna jalan.

Demikian ini harus diperhatikan jika kita ingin meraih amalan ringan masuk surga

 (gambar: pixabay.com)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar