Sabtu, 30 Januari 2016

Keutamaan Dan Fadhilah Dzikir Tasbih: Dua Menit Raih Seribu Kebaikan



Keutamaan Dan Fadhilah Dzikir Tasbih - Nabi Muhammad saw menjelaskan tentang keutamaan dan fadhilah dzikir tasbih yang mendatangkan banyak kebaikan. Beliau bersabda, 

“Apakah kalian dalam sehari tidak bisa melakukan seribu kebaikan?” Seorang shahabat bertanya, “bagaimana caranya
wahai rasulullah?” nabi menjawab, “dengan membaca tasbih subhanallah seratus kalli bisa mendatangkan seribu kebaikan atau menghilangkan seribu dosa”. (H.R. Muslim)

Keutamaan Dan Fadhilah Dzikir Tasbih

Begitu dasyatnya kasih sayang Allah, sehingga hamba-Nya diberi kesempatan untuk meraih kebaikan dalam hitungan waktu yang sebentar. Percayalah, dzikir tasbih sebagaimana dimaksudkan di hadis untuk melafazkannya seratus kali membutuhkan waktu tidak lebih dari dua menit. Dalam satu detik kita bisa dapat satu kali dzikir tasbih. Dalam satu menit paling tidak dapat enam puluh ucapan. Dalam dua menit insya Allah sudah dapat seratus dua puluh kali zikir tasbih. Sudah lebih dari seratus kali.

Dan bukankah dzikir tasbih ini tidak harus kita ucapkan di keheningan malam, atau waktu-waktu khusus? Jika kita sibuk, sambil beraktifitas, atau minimal di jeda waktu sela-sela kesibukan kita bisa menamatkan zikir tasbih ini. Dan kita akan mendapatkan keutamaan atau fadhilah  besar seribu kebaikan dan penghapusan seribu dosa.

Membaca dzikir tasbih mendatangkan banyak kebaikan. dzikir Tasbih sendiri, yaitu ucapan subhaanallah, biasa diartikan dengan Maha Suci Allah. Maksudnya adalah Allah suci atau bersih dari berbagai persangkaan dan tuduhan orang-orang musyrik yang mengatakan bahwa Allah memiliki anak dan sekutu. Mereka mengatakan bahwa nabi Isa adalah anak Allah, dan Allah sebagai Tuhan memiliki sekutu berupa Tuhan yang lain. Maka Allah menafikan semua itu.

Maka dengan membaca tasbih ini kita menegaskan pada diri kita tentang tauhid, bahwa hanya kepada Allah kita menyembah dan beribadah, dan disertai dengan keyakinan tidak ada sekutu dan tidak ada anak bagi-Nya.

Itulah keutamaan atau fadhilah dzikir tasbih.
(gambar: flickr.com)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar