Rabu, 27 Januari 2016

Inilah Manfaat Shalat Secara Khusyu’ (1)



Manfaat Shalat secara Khusyu’ - Bagian dari keadilan Allah adalah memberi balasan yang seimbang dengan kadar jerih payah manusia dalam menyempurnakan perbuatannya. Keadilan balasan ini berlaku pada semua amal, termasuk shalat. Memang benar khusyu’ bukan bagian dari rukun yang harus dipenuhi, tapi ketika shalat khusyu’ itu
berhasil dicapai oleh seorang hamba, maka Allah akan memperhatikannya dengan penuh kasih sayang. Allah dekat dengannya, dan karena dekatnya itu Allah memberinya manfaat yang sangat banyak. Berikut ini manfaat shalat secara khusyu’

Manfaat Shalat secara Khusyu’


Manfaat 1: Mendapat kedamaian jiwa

Ketenangan dan kedamaian adalah sesuatu yang sangat mahal. Begitu berharga, sehingga diburu orang dengan beragam cara. Bersungguh-sungguh kuliah, kemudian membangun karier, mengumpulkan harta, bertujuan untuk mendapatkan kepastian kesejahteraan masa depan. Melakukan cara-cara tertentu untuk mengolah jiwa seperti meditasi dan yoga, berharap bisa mengosongkan jiwa dari kekeruhan ambisi dan masalah dunia. Bahkan ada orang yang rela mengeluarkan uang untuk membeli sarana pengendur ketegangan saraf berupa pil dan obat penenang.

Namun apakah semua upaya itu merupakan solusi sejati penghapus kegelisahan dan kecemasan? Ternyata tidak. Berapa banyak orang kaya yang stres berat tidak mampu memanggul beban masalah. Sekian banyak peminum pil penenang yang berakhir pada kecanduan barang tersebut hingga over dosis.

Lalu apa sebenarnya solusi untuk meraih ketenangan? Pembaca, hendaknya kita ketahui bahwa Islam sebetulnya telah memberi berbagai solusi nyata untuknya. Salah satu dari solusi itu adalah melalui shalat khusyu’. Shalat yang dilaksanakan secara sungguh-sungguh dengan melibatkan jiwa.

Rasulullah saw telah menjelaskan hubungan erat antara shalat dan ketenangan ini. Sehingga diantara tiga hal yang sangat disukai oleh beliau, salah satunya adalah shalat. Mari kita simak penuturan beliau secara lebih lengkapnya berikut ini,       

Diberikan kepadaku dari perkara dunia berupa rasa senang kepada wanita, minyak wangi, dan ketentraman pada shalatku.”(HR. Ahmad)


Dalam hadis ini Rasulullah saw menjelaskan tentang shalat secara umum -tidak disebutkan secara spesifik shalat khusyu’- memberikan ketentraman. Tapi harus kita pahami bahwa shalat Nabi saw adalah shalat yang berkualitas. Shalat khusyu’ menghadap dan mengingat Allah. Maka ketika beliau menyebutkan ketentraman pada shalatku maknanya adalah shalat khusyu’, bukan shalat yang asal-asalan.


Rasulullah saw adalah teladan terbaik bagi umatnya. Karena itu ijinkan saya untuk mengutip sabda beliau yang lain tentang shalat khusyu’ yang bisa mendatangkan ketenangan. Kali ini adalah seruan beliau pada Bilal sang muadzin ketika datang waktu shalat.

Bangkitlah wahai Bilal, dan istirahatkan kami dengan shalat.”(HR. Abu Dawud, shahih)


Di jaman sekarang ini bisa jadi jarang kita jumpai kesukaan pada shalat seperti tingkat kesukaan Rasulullah saw ini. Menunggu-nunggu shalat, hingga ketika adzan berkumandang cerah wajahnya. Menyambut seruan Allah dengan bahagia, karena bisa beristirahat dari hiruk pikuk permasalahan duniawi. Mengadukan segala permasalahan pada Allah Yang Maha Perkasa. Meraih ketenangan dengan shalat yang khusyu’


Alasan Manfaat Shalat Khusyu’ Menenangkan Jiwa

Adapun alasan mengapa manfaat shalat khusyu’ bisa menenangkan jiwa adalah: Pertama, shalat khusyu’ menjadi sarana terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah. Seorang hamba bisa benar-benar merasakan keterpautan jiwa dengan Allah ketika hatinya melebur dalam kekhusyu’an. Allah sebagai Penciptanya terasa hadir memperhatikannya. Dengan kedekatan ini secara ajaib menciptakan manfaat berupa kekuatan keyakinan bahwa Allah sebagai pemegang kehidupan manusia akan menaunginya, manganyomi, dan memberi kemudahan atas segala kesukaran hidup yang tengah dihadapinya.

Mari kita lihat rahasia kedamaian yang dirasakan Rasulullah saw ketika shalat. Dalam kesehariannya Rasulullah saw bisa dikatakan tidak pernah lepas dari cobaan dan permasalahan, baik permasalahan dakwah maupun ekonomi. Beliau selalu diguncang, sebagai konsekuensi status beliau sebagai pengemban risalah kebenaran. Dengan shalat, beliau bisa menghadap pada Allah, berkomunikasi, mengadukan permasalahan pada Rabb Yang Maha Kuasa. Berdekatan, bersandar pada harapan manfaat besar pertolongan Allah. Akhirnya jiwa menjadai damai dan tentram.

Kedua, alasan manfaat shalat khusyu’ menenangkan jiwa adalah karena orang yang khusyu’ selalu menghayati bacaan-bacaan shalat. Hal inilah yang membuat jiwa yang kering tersirami aliran sejuk bacaan-bacaan shalat. Bacaan dari ayat al-Quran dan bacaan zikir ketika berdiri, ruku, sujud dan tasyahud, yang menawarkan keajaiban di jiwa berupa ketenangan.

Ketiga, manfaat shalat khusyu’ mendatangkan ketenangan karena shalat pada tataran ini akan mengembalikan jiwa pada kondisi aslinya yang bening dan fitrah. Jiwa yang jauh dari iri, dengki, ambisi-ambisi kotor dan nafsu gelap setan. Jiwa akan kembali seperti bayi yang polos apa adanya. Dan keadaan ini rupanya yang akan memberi ketenangan hidup.

Manfaat 2 : Menghapus Dosa


Siapa yang tidak ingin mendapat manfaat anugerah besar berupa ampunan Allah? Semua pasti berharap. Sebab jika ditimbang secara adil antara kebaikan dan keburukan yang kita lakukan, akan sangat mengkhawatirkan. Akan berpotensi lebih banyak keburukan dari pada kebaikan. Maka wajar jika kita kemudian membayangkan mendapat penghapusan dosa.


Nah, rupanya ampunan Allah itu bisa datang dengan melalui beberapa cara. Salah satu diantaranya adalah melalui manfaat shalat khusyu’. Ini adalah balasan agung dari Zat Yang Maha Pemurah.


Rasulullah saw. bersabda, seorang muslim apabila telah datang waktu shalat wajib kemudian dia berwudhu dengan menyempurnakannya, khusyuk dalam shalatnya, hal itu akan menjadi penghapus dosa terdahulu selama tidak melakukan dosa-dosa besar.” (H.R Muslim )

Maka sambutlah kemurahan Allah ini dengan gembira, dengan menyempurnakan kehadiran hati dalam ritual shalat. Anugerah shalat khusyu’ berupa penghapusan dosa itu tak pantas untuk kita abaikan.

Inilah manfaat shalat khusyu bagian pertama, untuk bagian kedua silakan dibaca di artikel selanjutnya : Inilah manfaat shalat khusyu (2)
(gambar: youtube.com)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar