Sabtu, 06 Februari 2016

Amalan Ringan Diampuni Dosanya : Berbuat Baik Meskipun Pada Hewan



Amalan Ringan Diampuni Dosanya - Di dunia ini, bisa dikatakan bahwa manusia adalah raja diantara makhluk yang lainnya. Sebab Allah menciptakan segala yang ada di bumi ini untuk diambil manfaatnya oleh manusia. Maka dari sinilah manusia boleh memanfaatkan tumbuhan, batu, hewan di darat dan dilaut. Segalanya boleh, kecuali sedikit yang diharamkan oleh Allah.

Allah berfirman, “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-Baqarah: 29)

Namun bolehnya manusia memanfaatkan apa yang ada di dunia ini bukan lantas menjadikan manusia berbuat sewenang-wenang pada makhluk lain. Seenaknya membunuh berbagai binatang, menyakiti dan berbuat kejam pada mereka. Tidaklah demikian. Tetap harus berbuat baik, menyayangi, dan berusaha melindungi. Kalaupun menyembelih, harus dengan cara yang baik. Dan jika manusia mau berbuat baik, maka Allah akan bersedia memberikan ampunan atas dosa-dosanya.

Amalan Ringan Diampuni Dosanya: Berbuat Baik Meskipun Pada Hewan


Rasulullah saw menyajikan kisah pendek tapi penuh hikmah tentang balasan orang yang berbuat baik pada hewan. Marilah kita dengarkan penuturan yang keluar dari lisan mulia beliau.

 Ketika seorang laki-laki sedang berjalan, dia merasakan kehausan yang sangat, lalu dia turun ke sumur dan minum. Ketika dia keluar, ternyata ada seekor anjing sedang menjulurkan lidahnya menjilati tanah basah karena kehausan. Dia berkata, ‘Anjing ini kehausan seperti diriku.’ Maka dia mengisi sepatunya dan memegangnya dengan mulutnya, kemudian dia naik dan memberi minum anjing itu. Allah berterima kasih kepadanya dan mengampuninya.” Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, apakah kita bisa meraih pahala dari binatang?” Beliau menjawab, “Setiap memberi minum pada hewan akan mendapatkan ganjaran.” (HR. Bukhari dan Muslim )

Tidak berat apa yang dilakukan laki-laki tersebut. Hanya memberi minum seekor anjing yang kehausan. Namun Allah yang melihatnya menurunkan rahmat-Nya, berterimakasaih padanya dengan mengampuni dosanya. Bahkan di dalam hadis yang lain disebutkan kisah yang lebih dahsyat dari kisah ini.

Mari kita simak penuturan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

 Ada seorang wanita pezina melihat seekor anjing di hari yang panasnya begitu terik. Anjing itu menngelilingi sumur tersebut sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya (lalu menimba air dengannya). Ia pun diampuni karena amalannya tersebut.” (HR. Muslim).

Pada hadis ini ampunan Allah diberikan kepada seorang wanita pezina. Orang yang berdosa besar, berbuat keji dan munkar. Sebuah perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah. Tapi rupanya kasih sayang Allah mendahului murka-Nya melihat wanita tersebut berbuat baik pada hewan. Dalam persangkaan manusia bisa jadi perbuatan tersebut hanya perbuatan kecil dan remeh. Namun tidak demikian dalam pandangan Allah. Rahmat Allah bisa menaungi siapa saja, perbuatan kecil menurut pandangan manusia bisa dianggap besar oleh Allah. Allah Maha Tahu dengan kearifan-Nya bagaimana harus menilai terhadap perbuatan manusia.

Perbuatan baik pada hewan, meskipun dalam kisah hanya disebutkan memberi minum, namun bukan berarti kebaikan itu terbatas pada pemberian minum saja. Bisa dalam bentuk lain yang lebih luas. Memberi kucing tempat berteduh ketika hujan, melindungi anak ayam dari serangan ular, memberi obat ketika ayam sakit. Semua itu adalah kebaikan. Dan dari kebaikan itulah kita berharap mendapatkan karunia ampunan  dari Allah.
Itulah pembahasan amalan ringan diampuni dosanya. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar