Jumat, 05 Februari 2016

Amalan ringan berpahala besar : Hadir Shalat Jumat Di Awal Waktu




Amalan ringan berpahala besar  - Dalam seminggu, terdapat hari istimewa yaitu hari jumat. Pada hari itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Diantaranya adalah dengan datang ke masjid untuk melaksanakan shalat jumat, dengan datang di awal waktu. Dengan bergegas di awal, di masjid dia berkesempatan menunggu khutbah dengan memperbanyak membaca al-Quran, berzikir dan berdoa. Bertambahlah keimanan dan ketakwaannya, jadi lapang dan tenang hatinya, dan semakin dekatlah dia dengan Allah. Kedatangan di awal waktu, juga menjadi keistimewaan tersendiri baginya. Dia akan mendapat banyak karunia dari Allah. Dia akan terhitung seperti orang yang berkorban, dengan jenis hewan sesuai dengan kadar awal kedatangannya.

Hadis amalan ringan berpahala besar : hadir shalat jumat di awal waktu


Rasulullah saw bersabda, “siapa yang pada hari jumat mandi seperti mandi junub, kemudian berangkat ke masjid di awal waktu, maka dia seperti berkorban dengan seekor unta. Siapa yang berangka untuk shalat jumat di waktu kedua, maka dia seolah berkorban dengan pengorbanan seekor sapi. Siapa yang berangkat di waktu yang ketiga, maka dia seperti berkorban dengan pengorbanan seekor kambing bertanduk. Siapa yang berangkatnya di waktu yang keempat, seolah dia telah berkorban dengan pengorbanan seekor ayam. Siapa yang datang ke masjid di waktu yang ketiga maka dia seolah telah berkorban dengan sebutir telor. Jika khatib kemudian naik ke mimbar, maka para Malaikat mendengarkan khutbahnya. (HR. Bukhari dan Muslim )

Saya teringat, di desa saya di daerah Madiun dahulu ada seorang yang sudah tua, yang kalau hari jumat bergegas ke masjid lebih awal. Biasanya sekitar jam sepuluh pagi dia sudah terlihat melintasi rumah saya. Bersemengat sekali. Padahal azan Jumat berkumandang sekitar jam dua belas siang. Masih dua jam lagi. Maka semoga dia mendapatkan pahala besar seperti pahala puasa dan shalat tahajud setahun. Karena dalam sebuah hadis Rasulullah saw menjelaskan ganjaran ini. Mari kita dengarkan sabda beliau,

Siapa yang di hari Jumat mandi, kemudian dia berangkat ke masjid di awal waktu dengan tidak menaiki kendaraan, dia duduk dekat dengan imam lali mendengarkan khutbah dan tidak melakukan perbuatan yang sia-sia, maka di setiap langkah berangkatnya tadi mendapatkan pahala puasa dan shalat malam setahun. (HR. Abu Dawud, Nasai dan Ahmad, shahih)

Itulah amalan ringan berpahala besar : hadir shalat jumat di awal waktu. Semoga bermanfaat


(gambar: commons.wikimedia.com)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar