Senin, 01 Februari 2016

Amalan Ringan Penghapus Dosa : Menyempurnakan Wudhu



Amalan Ringan Penghapus Dosa - wudhu bagian dari syarat sah pelaksanaan shalat. Tanpa wudhu, pelaksanaan shalat menjadi sia-sia. Kecuali tentu saja jika tidak ada air, atau seseorang sedang sakit sehingga tubuhnya tidak kuat tersentuh air. Maka diganti dengan tayamum. Dan wudhu ini hendaknya dilaksanakan dengan sempurna. Dengan dipenuhi wajib wudhu yang berupa membasuh wajah, tangan,
mengusap kepala, dan membasuh kaki. Dengan meratakan basuhan air hingga tidak ada anggota badan yang wajib wudhu yang terlewat. Kemudian juga tidak mengesampingkan bagian sunah, seperti membasuh telapak tangan, berkumur-kumur, memasukkan air di hidung. Dan dengan menggosok gosak ketika membasuh air itu.

Amalan Ringan Penghapus Dosa : Menyempurnakan Wudhu


Ketika seseorang sudah menyempurnakan wudhu, selain untuk kepentingan amal sesudahnya berupa shalat atau membaca al-Quran, dia akan mendapat anugerah besar dari Allah. Berupa ampunan seiring dengan tetesan terakhir air wudhu itu, dan diangkat derajatnya.

Rasulullah saw menjelaskan, “jika seorang mukmin atau muslim berwudhu, setiap dia membasuh wajahnya maka akan dihapuskan dosa pandangan matanya bersamaan dengan tetesan air wudhu itu atau bersamaan dengan tetesan terakhir dari air wudhu. Jika dia membasuh kedua tangannya, maka akan berguguran dosanya seiring dengan tetesan air wudhu atau seiring dengan tetesan terakhir airnya. Jika dia membasuh kedua kakinya, maka akan terhapus dosanya seiring tetes air wudhu atau seiring tetes air yang terakhir. Hingga ketika dia usai berwudhu maka bersihlah dosa-dosanya” (HR. Muslim ).

Selain wudhu menjadi amalan ringan penghapus dosa, wudhu juga menyebabkan pelakunya bercahaya. Wajah, tangan, maupun kaki. Di dunia ini saja kita bisa membedakan antara orang yang sering tersentuh air wudhu dan tidak. Ada wajah yang khas, bersinar, tenang dan cerah sebagai atsar (bekas) air wudhu. Terlebih di akhirat nanti, akan menjadi pembeda yang jelas dengan orang-orang kafir.

Rasulullah saw menjelaskan, “sesungguhnya umatku kelak akan dipanggil pada hari kiamat dengan kondisi dahi, kedua tangan, dan kedua kaki mereka bercahaya sebagai bekas air wudhu.” (HR. Bukhari dan Muslim )

Itulah keutamaan amalan ringan penghapus dosa : menyempurnakan wudhu.

Allahu a’lam bisshawab

(gambar: pixabay.com)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar