Senin, 01 Februari 2016

Amalan Ringan Penghapus Dosa : Bersalaman




Amalan Ringan Penghapus Dosa  - Aktifitas dalam pergaulan di masyarakat, di lingkungan keluarga, dan di manapun selalu menawarkan amal-amal ringan yang berfaidah besar. Berjabat tangan atau bersalaman ketika bertemu, ringan dilakukan, namun bisa mempererat ukhuwah dan menjadi penghapus dosa. Sebab pada bersalaman, memang bisa menyadarkan jiwa akan persahabatan dan pertemanan, yang hal ini sangat dicintai oleh Allah.


Rasulullah saw bersabda, “ tidaklah dua orang muslim bertemu lali berjabat taangan kecuali Allah akan menghapus dosa antara keduanya sebelum berpisah” (HR. Abu Dawud,  Shohih)

Dalam hadis yang lain Rasulullah saw menjelaskan, “ sesungguhnya apabila ada dua orang muslim yang bertemu lalu memberi salam san berjabat tangan maka dosa antara keduanya akan berguguran sebagaimana daun-daun pohon yang berjatuhan. (HR. Al-Mundziri, shahih)

Amalan ringan penghapus dosa dengan bersalaman ini sebenarnya telah menjadi tradisi di jaman Rasulullah saw. Tentunya dengan ketulusan untuk mempererat hubungan sesama muslim. Dan setelahnya bisa bersambung dengan perbincangan akrab menanyakan keadaan masing-masing. Sehingga tahu apakah saudaranya itu dalam kondisi sehat atau tidak, sedang mengalami masalah yang butuh bantuannya atau tidak. Makin dekatlah hubungan personal antar kaum muslimin.

Para ulama memandang disunahkannya amalan ringan penghapus dosa bersalaman dua orang muslim apabila bertemu. Sebagian juga memandang sunah amalan ringan ini ketika akan berpisah. Terdapat dalil yang mereka pakai dalam hal ini.
Yaitu ketika qotadah suatu saat bertanya pada anas bin malik, “apakah bersalaman itu menjadi amalan yang dilakukan para shahabat?” Dijawab, “ya” (hr. Bukhari)

Demikianlah amalan ringan penghapus dosa dengan bersalaman yang telah menjadi tradisi di jaman Nabi Muhammad saw.

(gambar: pixabay.com)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar