Rabu, 18 Mei 2016

18 Keutamaan Shalat Tahajud Ini Akan Membuat Anda Tercengang




Tidak banyak orang yang sanggup bangun malam, mengambil air wudhu, lalu bersujud shalat menghadap Allah. Terkadang seseorang memang susah bangun karena tidak ada niat, atau punya niat tapi kemudian karena mengantuk berubah menjadi malas, atau bangun tapi bukan untuk shalat melainkan aktifitas lain semisal menonton sepak bola.


Padahal jika seseorang memahami dengan pemahaman yang mendalam tentang keutamaan shalat tahajud, dia akan memancangkan tekat untuk bangun malam. Segala upaya akan dia buat agar tidak terlewatkan saat-saat istimewa itu.

Dan berikut ini diantara keutamaan shalat tahajud yang layak untuk kita simak


1.    Masuk Surga

Harapan tertinggi seorang muslim adalah masuk surga. Jika seseorang berhasil masuk ke tempat penuh karunia itu, maka akan terpuaskan hidupnya. Ternyata surga dipersiapkan untuk hamba-hamba Allah yang shaleh, yang salah satunya adalah mengerjakan shalat tahajud.

Allah berfirman,

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ (15) آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ (16) كَانُوا قَلِيلًا مِنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ (17)

 Sesungguhnya orang orang bertakwa ada di dalam taman-taman surga dan mata air-mata air, dengan memperoleh apa yang diberikan oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka itu sebelumnya (di dunia) beramal kebaikan, di malam hari sedikit tidur, dan di sepertiga malam memohon ampun (kepada Allah)” (QS. Adz-Dzariyat: 15-18)

Orang-orang ini sedikit tidur karena di malam hari menyengaja meluangkan waktunya untuk shalat tahajud.

Rasulullah saw juga bersabda memberi penjelasan,

wahai manusia sebarkan salam, berikan makanan, sambunglah persaudaraan, dan dirikan shalat di saat orang-orang sedang tidur malam, niscaya engkau akan masuk surga penuh keselamatan.” (HR. Ibnu Majah, dan menurut al-Albani shahih)

2.    Ditempatkan Di Tempat Yang Terpuji

Allah berfirman

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan shalat tahajudlah kalian di sebagian malam sebagai ibadah sunah bagimu, semoga Rab-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79)

Keutamaan shalat tahajud dengan diangkat di tempat yang terpuji, bisa bermakna terpuji di dunia dan di akhirat. Di dunia menjadi orang terhormat, di akhirat dijauhkan dari azab neraka, dimasukkan ke dalam surga sebagai tempat terpuji penuh kenikmatan.

3.    Mendapatkan Rahmat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى، وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ، فَإِنْ أَبَتْ، نَضَحَ فِي وَجْهِهَا الْمَاءَ، رَحِمَ اللَّهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ، وَأَيْقَظَتْ زَوْجَهَا، فَإِنْ أَبَى، نَضَحَتْ فِي وَجْهِهِ الْمَاءَ

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda, “semoga rahmat Allah diberikan kepada orang yang bangun malam, lalu mendirikan shalat dan membangunkan istrinya. Jika istrinya tidak bangun, maka dia memercikkan air ke mukanya. Semoga Allah juga merahmati wanita yang bangun malam untuk shalat lalu membangunkan suaminya. Jika suaminya enggan maka dia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Dawud)

Sebuah bangunan keluarga yang hebat adalah apabila antar anggota keluarga bisa tolong menolong untuk beribadah kepada Allah. Mereka akan mendapatkan rahmat dari Allah, sehingga hidup jadi penuh keberkahan, harta termanfaatkan dengan baik, akhlak terjauhkan dari nafsu setan, tubuh juga sehat bugar.

4.    Doa Shalat Terkabulkan

Sebagian dari isi bacaan shalat adalah berupa doa. Misalnya di dalam surat al fatihah, separuh awal adalah pujian kepada Allah sedang separuh akhir berupa doa. Saat duduk diantara dua sujud bacaannya berupa doa. Saat duduk akhir juga berupa doa.

Jika shalat penuh bacaan doa ini dilaksanakan di malam hari, akan memperoleh keutamaan dengan didengarkan dan diperhatikan oleh Allah, untuk kemudian dikabulkan doa itu.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, “pada setiap sepertiga malam terakhir Allah turun ke langit dunia, kemudian berfirman, “siapa yang memohon kepadaku niscaya aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku niscaya akan aku beri, siapa yang memohon ampun kepada-Ku niscaya Aku ampuni, dan hal ini berlaku hingga fajar.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadis yang lain Rasulullah saw bersabda,

إِنَّ فِي اللَّيْلِ لَسَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ، يَسْأَلُ اللهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ، وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

 “sesungguhnya pada malam hari terdapat waktu yang tidaklah bertepatan dengan seseorang yang berdoa kepada Allah tentang kebaikan perkara dunia dan akhirat kecuali Allah akan mengabulkannya, dan demikian itu terdapat di setiap malam.” (HR. Muslim)


5.    Terjaga Dari Gangguan Setan

Ada berbagai cara dari setan untuk menghalangi manusia dari shalat tahajud. Misalnya membuat sibuk sehingga tidur larut malam lalu tidak bisa bangun tahajud, atau menghilangkan niat seseorang untuk shalat di malam hari tersebut. Orang seperti ini telah dikalahkan setan sehingga kehilangan momen indah bersama Allah.

Pada suatu hari dikabarkan kepada rasulullah saw tentang orang yang terlelap di malam hari tanpa bangun shalat, maka beliau menjelaskan, “kedua telinga orang itu telah dikencingi oleh setan.” (Muttafaqun alaihi)

6.    Penghapus Dosa dan Kebiasaan Orang-Orang Shaleh


Rasulullah saw menjelaskan,

عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأَبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَهُوَ قُرْبَةٌ إِلَى رَبِّكُمْ، وَمَكْفَرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَنْهَاةٌ لِلإِثْمِ

 “kerjakanlah shalat malam, karena hal itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, bentuk pendekatan diri pada Allah, penghapus dosa, dan sebagai perisai berbuat dosa.” (HR. Tirmidzi)

7.    Dicintai Oleh Allah

Rasulullah saw bersabda,

“Terdapat tiga golongan yang dicintai oleh Allah, membuat Allah tertawa senang kepadanya, dan diberikan kabar gembira kepadanya: (pertama) seseorang yang apabila diserukan berjihad dia segera bergabung dengan pasukan karena Allah, terbunuh maupun mendapatkan kemenangan. Maka Allah berkata, “lihatlah kepada hamba-Ku ini, betapa sabarnya dia karena-Ku. (kedua) seseorang yang beristrikan wanita cantik dan memiliki kasur lembut dan bagus, kemudian dia bangun untuk shalat di malam hari. Maka Allah berkata, “dia tinggalkan syahwatnya dan mengingat-Ku, kalau dia mau dia bisa memilih tidur. Dan (ketiga) orang yang tengah bersama para musafir, saat orang lain terlelap tidur dia bangun untuk shalat tahajud, baik dalam kondiri berat maupun ringan.” (HR. Thabrani)

Jika Allah mencintai hamba-Nya, segala urusan akan mudah. Dia akan mendapat keutamaan berupa perhatian ekstra dari Allah, dijaga iman dan takwanya, dipenuhi kebutuhannya.

8.    Shalat Kesukaan Rasulullah Saw

Secara umum Rasulullah saw menyukai semua shalat. Namun ada shalat tertentu yang istimewa dalam pandangan beliau, yang diantaranya adalah shalat tahajud. Bahkan beliau rela kakinya bengkak demi shalat yang satu ini.

Aisyah meriwayatkan dengan berkata,

“adalah Nabi saw mendirikan shalat malam sehingga bengkak telapak kaki beliau, kemudian aku tanyakan, “mengapa engkau lakukan hal ini padahal Allah telah mengampuni dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?” maka beluau memberi jawaban, “tidak bolehkah  jika aku menjadi hamba yang bersyukur?” (HR. Bukhari dan Muslim)


9.    Menenangkan Jiwa

Shalat tahajud menjadikan jiwa terasa dekat dengan Allah. Terasa di jiwa bahwa Allah jadi tempat bersandar dan bergantung. Jika demikian, segala persoalan diyakini akan mendapatkan jalan keluar dari Allah. Inilah yang menjadi keutamaan shalat malam, membuat  jiwa terasa tenang.

Terlebih jika seseorang melakukan shalat tahajud secara khusyu’ maka akan semakin terasa kedamaian di jiwa.

10.  Wajah Bersinar

Wajah seringkali terlihat berbeda antara orang yang rajin shalat tahajud dan tidak. Keistimewaan shalat tahajud menjadikan wajah cerah dan tenang.

Hasan al Bashri pernah ditanya oleh seseorang, “mengapa orang yang shalat tahajud mukanya bersinar?”. Hasan al Bashri menjawab, “sebab dia menyendiri dengan Rabnya sehingga diberikan cahaya oleh-Nya.”

Ibnu qoyim menjelaskan, “shalat malam itu menjadikan wajah tampak bersinar indah dan bagus. Sebagian istri ada yang rajin shalat tahajud. Ketika ditanyakan, dia menjawab bahwa shalat tahajud bisa membaguskan wajah, dan kami ingin wajah kami seperti itu.”

11.  Dekat Dengan Allah

Shalat tahajud menjadi sarana tercepat untuk dekat dengan Allah. Karena malam hari adalah saat istimewa untuk bersama Allah. Suasana hening dan tidak banyak orang yang sanggup mengalahkan rasa kantuk mengambil air wudhu dan shalat.

12.  Penyelamat Dari Neraka

Keutamaan shalat tahajud yang lain adalah menjadi syafaat atau penolong dari azab neraka.

Ibnu Umar menceritakan, “Ketika itu aku masih muda, aku tidur di masjid Rasulullah saw, dan suatu ketika bermimpi ada dua malaikat yang mengambilku dan membawaku ke neraka yang tempatnya menyerupai sumur, dengan dua palang seperti kebanyakan sumur. Di dalamnya telah ada orang-orang yang aku kenal. Aku berucap, “aku memohon perlindungan kepada Allah dari neraka.” Lalu satu malaikat datang menemui kedua malaikat yang membawaku dan berkata kepadaku, “jangan takut”. Lalu aku ceritakan kisah itu kepada Hafshah, dan hafshah menceritakannya kepada rasulullah saw sehingga beliau bersabda, “sebaik-baik orang adalah Ibnu Umar jika dia mau rajin shalat tahajud. Salim (salah seorang shahabat) mengatakan bahwa setelah itu Ibnu Umar tidak tidur malam hari kecuali sedikit. (HR. Muslim)

13.  Shalat Paling Utama Setelah Shalat Fardhu

Shalat sunah jumlahnya banyak. Ada shalat rawatib, shalat tahiyatul masjid, shalat dhuha, dan lain-lain. Namun diantara semua shalat itu kedudukan salat tahajud adalah yang paling utama.

Rasulullah saw bersabda,

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ، بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ، الصَّلَاةُ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ

 shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat sunah di malam hari.” (HR. Muslim)

14.  Lebih Mudah Mencapai Khusyu’

Allah berfirman,

إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا

“Sesungguhnya bangun di malam hari adalah lebih tepat (untuk khusyu’) dan bacaannya lebih berkesan.” (QS. Al Muzammil: 6)

Kondisi malam hari yang hening, tidak lagi terdengar suara televisi ataupun suara obrolan, menjadikan lebih mudah menundukkan hati mencapai khusyu dalam shalat. Bandingkan dengan siang hari yang ramai, terdengar suara tangisan anak, deru kendaraan di luar rumah, butuh perjuangan untuk mencapai khusyu.

15.  Melaksanakan Perintah Allah

Meskipun shalat tahajud hukumnya sunah muakkadah, namun jelas shalat tahajud adalah bagian dari perintah Allah. Melaksanakannya berarti menjadi bukti ketundukan pada pemberi perintah, yaitu Allah.

Allah berfirman,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

dan di sebagian malam bersujudlah kepada Allah dan bertasbihlah kepada-Nya di malam yang panjang.” (QS. Al Insan:26)

16.  Mengikuti Jejak Rasulullah Saw

Aisyah meriwayatkan, “hendaknya kalian mengerjakan shalat tahajud, rasulullah saw tidak pernah meninggalkannya. Jika beliau sakit maka beliau akan shalat dengan duduk. Saya tahu bahwa diantara kalian akan berucap, “cukuplah aku mengerjakan shalat wajib saja,” dan akupun juga akan berkata seperti itu.” (HR. Ahmad)

17.  Pikiran Lebih Segar

Ketika seseorang bangun kemudian dia tekatkan diri untuk menghadap Allah di keheningan malam, akan menjadikan pikiran menjadi segar dan tenang. Di samping karena faktor fisik yang diistirahatkan (tidur)  lebih awal sehingga bisa bangun lebih awal yang membuat otak tenang, juga karena keutamaan yang diturunkan oleh Allah pada orang yang mau bersusah payah bangun shalat di saat orang lain terlelap tidur.

18.  Melancarkan Peredaran Darah

Orang yang shalat tahajud bangun di saat udara masih sangat segar. Tanpa terasa hidung menghisap udara yang membuat paru-paru dan badan jadi sehat. Saat wudhu dan shalat tubuh juga digerak-gerakkan sehingga peredaran darah jadi lancar. Maka pelaku shalat tahajud mendapatkan keuamaan berupa tubuh yang sehat.

Allahu a’lam bisshawab

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar